Apakah Asma Menular Pada Orang Lain?

Apakah asma menular? Pertanyaan ini sering ditanyakan masyarakat. Penyakit asma pada dasarnya tidak menular. Namun, penyakit ini dapat diwariskan secara genetik. Jadi apabila di keluarga terdapat riwayat penyakit asma, maka kemungkinan besar anaknya atau anggota keluarga lainnya bisa terkena penyakit asma. Secara prinsip, penyakit asma tidak dapat disembuhkan, tetapi masih dapat dikendalikan. Pengendalian penyakit asma khususnya dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan asma. Salah satu caranya yaitu menghindari segala faktor pemicu terjadinya serangan asma.

Hal-hal yang menjadi pemicu serangan asma bervariasi. Pemicu serangan asma di antaranya ialah udara dingin, asap rokok, polusi udara, serbuk sari bunga, debu, dan lain sebagainya. Pemicu serangan asma menyebabkan penderita penyakit asma mengalami serangan asma apabila kontak secara langsung dengan pemicu asma. Apabila serangan asma menyerang, maka secepat mungkin penderita penyakit asma harus mendapatkan pertolongan karena bila tidak mendapatkan pertolongan segera, sangat besar risiko terhadap kematian akibat kegagalan bernapas atau apnea.



apakah asma menular
Alat Nebulizer Omron NE-C 801 untuk Pengobatan ASMA

Apakah Asma Menular pada Orang di Sekitar Penderita Penyakit Asma?


Apakah asma menular? Banyak anggapan penyakit asma dapat ditularkan oleh penderita pada orang di sekitarnya. Namun, pernyataan tersebut tidak benar. Seperti yang kita ketahui penyakit asma disebabkan oleh adanya peradangan pada saluran pernapasan yang dapat membuat saluran pernapasan menyempit. Penyakit asma berbeda halnya dengan penyakit saluran pernapasan lainnya yang disebabkan oleh bakteri seperti penyakit TBC atau tuberkulosisi. Penyakit TBC termasuk ke dalam penyakit yang dapat ditularkan melalui dropplet (ludah) dan melalui udara.

Apakah penyakit asma menular? Terkadang hal ini juga menjadi pertanyaan dari penderita penyakit asma sendiri. Kadang penderita penyakit asma khawatir terhadap dirinya dan orang di sekitarnya karena penyakit yang dideritanya. Mereka khawatir bila penyakit asma yang dideritanya dapat menular pada orang di sekitarnya. Namun, sebenarnya penyakit asma bukanlah penyakit menular. Penyakit asma sangat erat penyebabnya dengan genetik dan alergi. Namun, penderita penyakit asma bisa mengalami infeksi pada saluran pernapasannya. Infeksi pada saluran pernapasan dapat menular pada orang yang ada di sekitar penderita penyakit asma karena penularan infeksi saluran pernapasan ditularkan melalui udara.

Bagi penderita penyakit asma sebaiknya mencegah penularan pada saat terserang infeksi pada saluran pernapasan. Cara mencegah penularan infeksi pada saluran pernapasan yaitu dengan penggunaan masker. Apabila penderita penyakit asma dan infeksi saluran pernapasan batuk atau bersin, sebaiknya menutup hidung dan mulut dengan kedua tangannya. Selain itu, perhatikan ventilasi rumah bagi penderita asma yang disertai dengan infeksi saluran pernapasan. Ventilasi diatur agar pertukaran udara dari luar rumah ke dalam rumah dapat berjalan lancar. Langkah ini mengurangi risiko penularan infeksi pernapasan.

Sekali lagi, perlu kita ingat bahwa penyakit asma tidak menular, tetapi infeksi saluran pernapasan yang diderita oleh penderita asma dapat menular.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: meetdoctor.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :