Asma adalah Penyakit Saluran Pernapasan

Asma adalah respons penyakit yang menyerang saluran pernapasan yang terjadi pada penderita asma. Pasien merasakan rasa sesak yang berat sebagai akibat penyempitan saluran pernapasan khususnya bagian paru-paru. Paru-paru mengalami penyempitan atau bronkokontriksi sehingga udara tidak dapat keluar-masuk paru-paru dengan bebas, bahkan pada saat menghirup atau mengembuskan napas, seringkali terdengar suara yang disebut dengan mengi. Hal ini juga yang membuat napas menjadi lebih berat.



asma adalah
Alat Nebulizer ABN Ultrasonic untuk Pengobatan ASMA

Asma adalah Penyakit Saluran Pernapasan


Asma adalah penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan. Selain itu, asma ditandai dengan penyempitan dari saluran pernapasan sehingga pasien yang mengalaminya akan mengeluh lebih mudah sesak.

Asma merupakan penyakit yang berbahaya apabila penderita berada mengalami serangan asma sehingga harus mendapatkan pertolongan segera ketika serangan asma datang. Apabila pertolongan datang terlambat, maka akan berisiko besar terhadap kegagalan pernapasan pasien.

Pada dasarnya penderita asma terlihat tidak berbeda jauh dengan orang sehat pada umumnya. Namun, terdapat beberapa ciri-ciri dari penyakit asma yang sering dikeluhkan seperti rasa sesak, nafas berbunyi mengi, sering mengalami batuk, sering mengalami kesulitan tidur, sering merasa lelah, dan lain-lain.

Dilihat dari ciri-ciri penyakit asma, sangat jelas penyakit asma ini berhubungan dengan perubahan dari pola pernapasan. Namun,, tahukah Anda, apa yang menyebabkan penyakit asma terjadi? Penyebab terjadinya penyakit asma di antaranya ialah faktor genetik atau keturunan, adanya infeksi pada saluran pernapasan, terpapar dengan faktor yang dapat mencetuskan penyakit asma, aktivitas fisik yang berlebihan, perubahan cuaca dan lain sebagainya.   Apabila di dalam diri orang memiliki genetik yang mewariskan penyakit asma, maka kemungkinan besar apabila orang terpapar dengan segala hal yang menyebabkan asma seperti debu dan lain-lain maka dapat menyebabkan orang mengalami serangan asma. Hal inilah yang harus diwaspadai oleh penderita penyakit asma.

Orang yang menderita penyakit asma terlihat seperti orang sehat pada umumnya bila tidak terpapar. Namun, begitu penderita terpapar dengan faktor pemicu penyakit asma, serangan asma bisa terjadi dan membutuhkan pertolongan segera.

Pengelolaan penyakit asma pun disesuaikan dengan tingkatan dari penyakit asma yang dimiliki. Terdapat tiga tingkatan atau klasifikasi penyakit asma, yaitu penyakit asma ringan, penyakit asma sedang dan penyakit asma berat. Untuk kategori penyakit asma ringan, pengobatan yang diberikan hanya berupa obat pereda asma karena penderita penyakit asma ringan hanya membutuhkan pengobatan saat terjadi serangan asma. Obat yang diberikan berupa obat pereda asma. sedangkan untuk penderita penyakit asma sedang dan berat diberikan pengobatan berupa obat pereda dan pengontrol asma karena jenis penyakit asma sedang dan berat, serangan asma dapat terulang kembali sehingga diperlukan obat pengontrol asma untuk mencegah kembali terjadinya serangan asma. Obat pereda asmanya digunakan pada saat terjadi serangan asma. Biasanya dosis dari obat pereda asma yang diberikan lebih besar dibandingkan dengan dosis obat pengontrol asma.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: gejalaasma.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :