Cara Mencegah Asma pada Bayi (0-6 Bulan)

Cara mencegah asma dapat dilakukan di setiap tahapan usia, bahkan pada saat bayi langkah pencegahan penyakit asma agar tidak kambuh dapat dilakukan. Namun, penderita penyakit asma akibat genetik sulit untuk dicegah. Tujuan pencegahan dilakukan agar gejala penyakit asma yang dapat terjadi bersifat ringan sehingga tidak sampai menimbulkan serangan asma.



cara mencegah asma
Alat Nebulizer ABN Ultrasonic untuk Pengobatan ASMA

Cara Mencegah Asma pada Bayi


Sebagai catatan penting, penyakit asma merupakan penyakit yang membutuhkan penangan serius karena penyakit asma dapat menyerang secara tiba-tiba. Bagi orang tua yang mempunyai bayi penderita penyakit asma dapat melakukan tindakan pencegahan berikut:

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para orang tua yang memiliki bayi yang menderita penyakit asma.

Pertama, pada bayi yang berusia 0 -6 bulan, bayi diberikan ASI eksklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberikan ASI eksklusif memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif. Bayi akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat walaupun bayi tersebut memiliki genetik penyakit asma sehingga bayi tidak akan mengalami gejala penyakit asma.


Kedua, pada bayi berusia 6 bulan. Untuk bayi yang sudah diberikan makanan pendamping ASI, berikan makanan tambahan seperti buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C.


Ketiga, pastikan bayi tidak memiliki intoleran pada laktosa. Intoleran pada laktosa dapat membuat produksi lendir pada saluran pernapasan bayi bertambah sehingga saluran pernapasan menjadi tersumbat.


Keempat, jauhkan bayi dari alergen seperti bahan kimia dan detergen di ruangan bayi. Zat alergen bisa membuat saluran pernapasan bayi mengalami iritasi karena zat-zat ini terhirup hidung bayi.

Bagi orang tua yang mempunyai bayi pengidap penyakit asma dituntut untuk berkerja ekstra keras dan lebih berhati-hati lagi dalam memperlakukan atau mengasuh bayinya. Orang tua harus lebih hati-hati dan waspada terhadap paparan alergen yang dapat memicu terjadinya gejala asma dan memeriksakan bayinya secara teratur pada dokter spesialis anak untuk mengetahui kondisi penyakit asma yang diderita oleh bayi.

Orang tua dituntut juga untuk memiliki pengetahuan tentang asma sehingga dapat melakukan tindakan pertolongan pertama pada bayi bila gejala dari penyakit asma kambuh.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: bidanku.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :