Cara Menghilangkan Asma secara Tradisional

Cara menghilangkan asma pada umumnya dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Namun, secara prinsip penyakit asma tidak dapat dihilangkan melainkan harus dikontrol agar gejala penyakit asma dan serangan asma tidak datang secara tiba-tiba. Cara menghilangkan asma dapat dilakukan dengan cara modern maupun dengan cara tradisional. Salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan kimia, sedangkan secara tradisional, penyakit asma dapat dihilangkan dengan cara mengonsumsi obat-obatan tradisional.



cara menghilangkan asma
Alat Nebulizer Omron NE-C 28 untuk Pengobatan ASMA

Cara Menghilangkan Asma secara Tradisional


Cara menghilangkan asma secara tradisional dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan tradisionalyang terbuat dari bahan-bahan alami. Seperti yang kita ketahui bahan-bahan alami sangat aman digunakan karena tidak menimbulkan banyak efek samping, bahkan obat-obatan tradisional sering digunakan bersamaan dengan obat-obatan resep dokter.

Salah satu gejala penyakit asma yang dapat diatasi dengan bawang putih ialah lendir pada tenggorokan. Terkadang penderita penyakit asma terdapat lendir pada tenggorokan yang menghalangi saluran pernapasan sehingga membuat sulit bernapas. Untuk itu, gunakanlah bawang putih yang berkhasiat mengencerkan lendir dalam tenggorokan sehingga lendir dapat dikeluarkan dengan mudah. Secara farmakologi, bawang putih mengandung ekspektoran yang mampu mengencerkan dahak.

Cara membuat obat asma tradisional dari bawang putih yaitu dengan cara mencampurkan bawang putih ke dalam masakan atau bisa juga dibuat susu bawang putih hangat seperti orang-orang terdahulu. Cara membuat susu bawang putih hangat cukup mudah yaitu dengan mengupas 8 siung bawang putih, kemudian bawang putih dihancurkan dan dimasukkan ke dalam panci. Setelah itu tambahkan seperempat cangkir susu organik ke dalam panci. Biarkan susu mendidih lalu aduk agar bawang putih tercampur rata dengan susu. Setelah mendidih, matikan kompor kemudian saring susu dan dinginkan lalu minum susu bawang putih dalam keadaan hangat.

Umumnya efek samping yang dapat ditimbulkan dari susu bawang putih tidak menimbulkan efek samping yang serius. Efek samping akan timbul apabila campuran bawang putih yang dipakai berlebihan. Kemungkinan efek samping yang dapat terjadi akibat bawang putih yang berlebihan di antaranya ialah sakit mag, diare, pusing, bau badan, peningkatan produksi keringat, dan lain sebagainya.

Selain bawang putih, bahan alami lainnya yang dapat dijadikan obat penghilang asma ialah jus daun kemangi yang dicampur dengan madu asli. Khasiat dari jus daun kemangi yang dicampur dengan madu asli ialah dapat mengurangi gejala penyakit asma yang timbul serta membantu membuat pernapasan penderita penyakit asma menjadi normal. Jahe juga dapat dijadikan sebagai obat penghilang penyakit asma. Jahe memiliki serat dan antioksidan yang tinggi. Selain itu jahe juga aman untuk digunakan obat penghilang penyakit asma sehingga sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari. Jahe bila diolah dengan cara diparut kemudian ditempelkan pada dada dapat membuat saluran pernapasan menjadi hangat. Adanya perasaan hangat ini dapat melonggarkan saluran pernapasan yang menyempit. Selain diparut, jahe juga dapat direbus kemudian air rebusan diminum untuk melegakan pernapasan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: caramengobatiasma.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :