Cara Mengobati Asma dengan Obat Herbal

Cara mengobati asma, sekarang ini dapat dilakukan dengan cara pengobatan modern maupun dengan pengobatan tradisional. Pengobatan modern biasanya dengan cara mengonsumsi obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia. Sedangkan pengobatan tradisional dengan cara mengonsumsi obat-obatan yang terbuat dari bahan herbal. Obat tradisional diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Kedua cara pengobatan asma ini merupakan cara yang efektif. Namun, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.



cara mengobati asma
Alat Nebulizer ABN untuk Pengobatan ASMA

Cara Mengobati Asma dengan Pengobatan Herbal 


Cara mengobati asma dengan obat-obatan herbal banyak dilakukan oleh masyarakat kita. Hal ini karena biaya yang cukup murah dibandingkan dengan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan kimia. Namun, pengobatan asma dengan pengobatan herbal memerlukan ketekunan dan kesabaran karena efek dari pengobatan yang dilakukan memerlukan waktu lebih lama. Namun, bila hal ini dilakukan dengan tekun, efek dari pengobatan akan cepat terasa.

Cara mengobati asma dengan menggunakan pengobatan herbal relatif terjangkau karena menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan dan dijual dengan harga yang murah. Salah satu bahan herbal yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit asma ialah bawang putih. Bawang putih pada umumnya dikenal sebagai bumbu masakan. Namun, selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat herbal asma. bawang putih ini memiliki kandungan ekspektoran dan antibiotik alami. Seperti yang kita ketahui ekspektoran ini berguna untuk mengencerkan dahak sehingga dapat melegakan saluran pernapasan.

Biasanya pada penderita penyakit asma sering mengalami gangguan pernapasan oleh karena adanya dahak dalam tenggorokan sehingga dapat menghalangi udara yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Maka untuk mengeluarkan dahak dapat menggunakan bawang putih. Dengan begitu, dahak yang kental dapat menjadi encer dan dapat di keluarkan dengan mudah.

Tanaman herbal lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma ialah kencur. Kencur ini memiliki khasiat untuk dapat mempermudah penderita penyakit asma dalam bernapas. Di dalam kencur ini mengandung mineral, pati dan minyak atsiri. Ketiga kandungan dari kencur dapat membantu meringankan pasien penderita penyakit asma untuk bernapas.

Tanaman lainnya yang bisa digunakan ialah jahe. Jahe kaya akan serat dan antioksidan. Kandungan serat dan antioksidan dalam tanaman jahe sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asma. Selain itu, bengkuang juga menjadi salah satu tanaman yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asma. Tanaman bengkuang ini mengandung betakaroten, magnesium quercetin dan antihistamin. Zat-zat yang dikandung dalam bengkuang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asma agar dapat membantu mencegah timbulnya serangan asma.

Seledri juga menjadi salah satu tanaman alternatif sebagai obat penyakit asma. Seledri yang kaya kan vitamin C, memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi frekuensi terjadinya serangan asma pada penderita penyakit asma.

Buah pare yang terkenal akan rasanya yang pahit ternyata dapat dijadikan juga sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit asma. Penderita yang mengonsumsi buah pare diharapkan dapat merespons indera pengecap sehingga pada sel yang terdapat di saluran pernapasan menjadi luas dan memudahkan udara keluar masuk saluran pernapasan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: keduniasehat.blogspot.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :