Cara Menyembuhkan Asma Secara Mandiri

Cara menyembuhkan asma dapat dilakukan oleh semua penderita penyakit asma. Kunci pengobatan penyakit asma ialah mematuhi anjuran pengobatan dokter. Selain itu, cara menyembuhkan asma dapat dilakukan secara mandiri. Ketekunan diri dalam melakukan pengobatan dan mematuhi saran dari dokter dapat menjadi kunci dalam menyembuhkan penyakit asma ini. Selain itu kesabaran dalam mengonsumsi obat asma setiap hari. Jangan berhenti minum obat walaupun penderita merasa dirinya sudah merasa sembuh sebelum dokter menyatakan penderita sembuh total dari penyakit asma.



cara menyembuhkan asma
Alat Nebulizer Philips untuk Pengobatan ASMA

Cara Menyembuhkan Asma secara Mandiri

Cara menyembuhkan asma yang pertama yaitu dengan cara penderita penyakit asma harus mematuhi saran yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya dokter akan memberikan beberapa nasihat yang berhubungan penderita penyakit asma yang diderita oleh pasien. Usahakan untuk tidak berhenti meminum obat asma harian oleh karena merasakan badan lebih baik dari sebelumnya.

Cara menyembuhkan asma yang kedua ialah selalu menjaga kebersihan rumah. Kebersihan rumah menjadi salah satu hal yang terpenting dalam menangani penyakit asma. Pasalnya di dalam rumah yang kotor terdapat debu yang dapat menjadi pencetus terjadinya serangan asma. Debu menjadi salah satu zat alergen yang dapat mencetuskan serangan asma. untuk membersihkan debu yang ada di rumah dapat dengan menggunakan penyedot debu yang berbentuk silinder. Penyedot debu yang berbentuk silinder lebih memudahkan kita dalam membersihkan debu dibandingkan dengan penyedot debu yang berbentuk tegak lurus. Selain itu, lebih baik memilih penyedot debu yang disertai dengan kantong agar debu yang disedot tertampung di dalam kantong.

Cara menyembuhkan asma yang ketiga yaitu dengan berhenti merokok. Biasanya orang yang menderita penyakit asma ialah perokok. Oleh sebab itu, cara yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit asma ini ialah dengan cara berhenti merokok. Kalaupun penderita asma bukanlah perokok, maka wajib untuknya menjauhi asap rokok. Seperti yang kita ketahui asap rokok menjadi salah satu pemicu penyakit asma.

Cara menyembuhkan asma yang keempat ialah dengan menghindari alergen. Alergen merupakan hal-hal yang dapat membuat alergi dan memicu terjadinya serangan asma. Salah satu alergen yang dapat menyebabkan serangan asma ialah serbuk sari. Oleh sebab itu, penderita penyakit asma diusahakan menghindari serbuk sari ini.

Cara menyembuhkan asma yang kelima ialah dengan menghindari udara dingin. Udara dingin bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit asma. Untuk menanggulanginya, penderita penyakit asma sebaiknya menggunakan baju tebal atau jaket beserta syal agar suhu badan tetap hangat. Udara dingin membuat saluran pernapasan menjadi menyempit dan menyebabkan penderita penyakit asma menjadi sesak napas. Cara menyembuhkan asma yang keenam ialah dengan menghindari binatang yang berbulu. Bulu binatang menjadi salah satu hal yang dapat memicu terjadinya serangan asma. Hewan berbulu yang dapat menyebabkan terjadinya serangan asma di antaranya ialah kucing, burung, anjing dan lain sebagainya.

Cara-cara di atas merupakan langkah untuk menyembuhkan penyakit asma secara mandiri. Tentunya, diperlukan ketekunan dan kesabaran. Apabila cara–cara di atas dilakukan dengan ketekunan maka Anda berpeluang besar dari penyakit asma.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: doktermu.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :