Ciri-ciri Asma Tahap Awal dan Lanjut

Ciri-ciri asma dapat dikenali terutama ketika serangan asma muncul. Penyakit asma sebenarnya bukan penyakit yang asing bagi kita. Penyakit asma sangat berhubungan sekali dengan gangguan pernapasan. Gangguan pernapasan ini dapat terjadi akibat adanya peradangan pada saluran pernapasan sehingga dapat membuat saluran pernapasan menyempit. Hal yang paling di khawatirkan dari para penderita penyakit asma ialah serangan asma secara tiba-tiba sehingga membuat penderita mengalami kesulitan bernapas, bahkan hal ini bisa berbahaya bila berlangsung lama. Oleh sebab itu, bila hal ini terjadi, penderita harus mendapatkan pertolongan sesegera mungkin.



ciri-ciri asma
Alat Nebulizer Polygreen Ultrasonic  untuk Pengobatan ASMA

Ciri-ciri Asma Awal dan Lanjut

Ciri-ciri asma pada mulanya sangat sulit dibedakan dengan penyakit gangguan pernapasan lainnya. Namun, bila serangan asma datang, bisa dipastikan penderita penyakit asma. Berikut ciri-ciri asma awal pada penderita penyakit asma. Ciri-cirinya adalah:

Sering merasa mudah lelah
Pada umumnya sering merasakan lelah bukan ciri khas adanya penyakit asma.. Namun, tetap saja bila sering merasa lelah kita harus waspada terhadap adanya penyakit asma atau penyakit lainnya.

Mudah merasa panik dan cemas
Adanya perasaan panik dan cemas sebenarnya bukan ciri utama adanya penyakit asma. Merasa panik dan cemas juga dapat terjadi sebagai adanya gangguan psikologis. Namun, mudah merasa panik dan cemas bisa juga merupakan tanda gejala awal adanya penyakit asma. Biasanya pada orang yang menderita penyakit asma, sensitif akan masalah-masalah kecil. Gejala ini bisa diatasi dengan cara menenangkan diri.

Batuk yang berlangsung lama
Batuk yang berlangsung lama merupakan gejala awal yang mengarah pada penyakit asma. Batuk terus-menerus bisa juga merupakan ciri dari penyakit lainnya, seperti penyakit tuberkulosis. Namun, kita juga harus waspada terhadap penyakit asma yang ditandai dengan batuk yang berlangsung lama.

Kesulitan bernapas
Kesulitan bernapas bisa terjadi secara tiba-tiba pada saat melakukan aktivitas harus dicurigai sebagai ciri penyakit asma tahap awal. Kesulitan bernapas terjadi karena penyempitan pada saluran pernapasan. Selain itu kesulitan bernapas dapat terjadi juga sebagai akibat peradangan pada saluran pernapasan.

Mengi
Mengi merupakan bunyi yang dihasilkan pada saat bernapas. umumnya orang bernapas tanpa menghasilkan bunyi yang bising. Bunyi mengi ini menjadi ciri-ciri asma khusus. Karena bunyi mengi ini menjadi ciri khas dari adanya penyakit asma. Bunyi mengi akan sangat jelas apabila di dengarkan dengan menggunakan stetoskop. Biasanya dokter akan meng-auskultasi bagian dada untuk mendengarkan bunyi mengi ini.

Sesak dada
Adanya perasaan sesak pada bagian dada dapat menjadi salah satu ciri dari adanya penyakit asma. perasaan sesak dada ini dapat dirasakan berupa perasaan tekanan dan perasaan berat pada saat bernapas.

Iritasi pada bagian tenggorokan
Adanya iritasi pada bagian tenggorokan diakibatkan karena adanya lendir yang menyumbat saluran pernapasan terutama tenggorokan.

Kesulitan berbicara
Kesulitan berbicara menjadi salah satu ciri penyakit asma yang berat. Biasanya hal ini dapat terjadi bila penyakit asma yang dideritanya bersifat kronis. Kesulitan berbicara dapat terjadi karena batuk yang terus-menerus dan menetap sehingga menyebabkan suara menjadi menghilang.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: hariansehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :