Definisi Asma dan Faktor Penyebabnya

Definisi asma diartikan sebagai respons penyakit yang mengganggu sistem pernapasan. Penyakit asma diakibatkan karena penderita mewarisi gen penyakit asma. Definisi asma lainnya menyebutkan bahwa penyakit asma merupakan penyakit yang terjadi akibat peradangan saluran pernapasan sehingga saluran pernapasan menyempit dan membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk bernapas. Tanda-tandanya seperti sesak napas dan bunyi mengi saat bernapas.



definisi asma
Alat Nebulizer ABN Ultrasonic untuk Pengobatan ASMA

Definisi Asma dan Penyebabnya

Para ahli medis mendefinisikan asma sebagai respons penyakit yang mengganggu sistem pernapasan sehingga membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk bernapas. Penyakit asma dapat menimbulkan gejala berat pada saat terjadi serangan asma. Pada saat serangan asma ini terjadi, penderita penyakit asma akan mengalami kesulitan bernapas sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh-terutama otak-akan berkurang. Akibatnya, penderita penyakit asma dapat berisiko mengalami pingsan atau koma, bahkan kematian akibat tidak bisa bernapas.

Penyakit asma disebabkan karena adanya reaksi peradangan pada bagian saluran pernapasan terutama bronkus. Peradangan dapat membuat saluran pernapasan menjadi sempit dan membuat penderita penyakit asma sesak dan mengalami kesulitan bernapas, dan pernapasannya berbunyi. Bunyi inilah yang menandakan adanya penyakit asma. Bunyi ini dinamakan dengan bunyi mengi.

Reaksi peradangan yang dapat terjadi pada penderita penyakit asma, biasanya muncul karena faktor pemicu. Apabila faktor pemicu ini tidak ada, maka penderita penyakit asma terbebas dari serangan asma. Namun sebaliknya, bila faktor pemicu ini kontak dengan penderita penyakit asma maka menyebabkan penderita penyakit asma mengalami serangan asma.

Contoh faktor pemicu serangan asma di antaranya ialah debu, makanan tertentu, sari bunga, asap rokok dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, penting bagi penderita penyakit asma untuk mengetahui dan menjauhi faktor pemicu serangan asma ini karena pada dasarnya penyakit asma dapat ditangani dengan baik selama serangan asma tidak muncul. Bila serangan asma muncul, dapat berisiko besar terhadap penderita penyakit asma, yakni kematian.

Serangan asma bisa terjadi secara tiba-tiba. Oleh karena itu, penderita penyakit asma wajib mengantisipasi serangan asma. Salah satunya dengan membawa obat pereda asma yang digunakan pada saat serangan asma datang. Obat pereda asma bereaksi cepat untuk meredakan gejala serangan asma yang muncul dengan tiba-tiba.

Perlu diingat, bila penderita penyakit asma mengalami serangan asma maka harus mendapatkan pertolongan sesegera mungkin karena risiko yang dapat ditimbulkan akan sangat besar.

Seperti kita ketahui, otak membutuhkan oksigen setiap saat dalam jumlah yang cukup. Sedikit saja otak kekurangan oksigen akan menyebabkan pingsan. Bila otak kekurangan oksigen dalam jumlah yang banyak maka dapat menimbulkan koma, bahkan kematian. Oleh sebab itu, penderita penyakit asma harus selalu waspada dan membiasakan diri untuk membawa obat pereda asma sebagai antisipasi bila serangan asma datang tiba-tiba.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :