Makanan untuk Penderita Asma (Buah dan Sayur)

Makanan untuk penderita asma pada umumnya tidak ada pantangan untuk dikonsumsi, terkecuali bagi penderita asma yang memiliki alergi. Namun, beberapa makanan memiliki pengaruh baik bagi penyakit asma. Seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Di antaranya ialah buah alpukat, pisang, kecambah brokoli, bayam, kiwi, biji rami, rosemary, bawang putih, buckwheat, endives dan lain sebagainya. Sayur-sayuran dan buah-buahan ini dapat mengurangi gejala penyakit asma bila dikonsumsi secara rutin.



makanan untuk penderita asma
Alat Nebulizer ABN Ultrasonic untuk Pengobatan ASMA

Berbagai Makanan untuk Penderita Asma


Seperti yang telah dipaparkan di atas, salah satu makanan untuk penderita asma yang baik dikonsumsi adalah buah alpukat. Buah alpukat merupakan makanan sehat yang dapat meringankan gejala penyakit asma.

Di dalam buah alpukat terkandung glutation yang tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Glutation itu mampu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, zat ini juga dapat mengeluarkan atau detoksifikasi dari zat-zat yang bersifat asing dalam tubuh seperti zat polutan. Selain itu, buah alpukat merupakan sumber vitamin E alami. Alpukat sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asma yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan yang merupakan salah satu sumber vitamin E paling umum.

Makanan sehat bagi penderita asma selanjutnya ialah buah pisang Buah pisang mengandung pyridoxine atau vitamin B6 yang dapat membuat saluran pernapasan menjadi rileks. Pyridoxine atau vitamin B6 itu berperan terhadap produksi dari adenosin trifosfat atau ATP dan siklik adenosis monofosfat atau cAMP. Semua molekul dapat membuat jaringan otot polos yang terdapat pada bronkus menjadi lebih rileks.

Buah pisang dapat membuat sistem pernapasan menjadi kuat. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan para ilmuwan Inggris mengungkapkan bahwa anak-anak penderita asma yang mengonsumsi buah pisang satu buah setiap hari menunjukkan penurunan gejala asma seperti mengi sebanyak 34%.

Buah kiwi dan jeruk juga merupakan buah-buahan yang baik dikonsumsi penderita penyakit asma. Buah kiwi dapat mengurangi gejala penyakit asma yang terjadi bila dikonsumsi secara teratur karena buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi buah kiwi dan buah jeruk sebanyak 5-7 setiap minggunya, mengalami penurunan intensitas gejala mengi 50% dari biasanya.

Selain buah-buahan, sayuran yang baik dikonsumsi bagi penderita asma ialah kecambah brokoli. Hasil penelitian menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi kecambah brokoli secara teratur maka dapat mengurangi gejala penyakit asma yang terjadi. Selain itu dengan mengonsumsi kecambah brokoli selama 3 hari berturut-turut dapat meningkatkan antioksidan yang cukup signifikan. Peningkatan antioksidan ini mampu mengontrol peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan yang berhubungan dengan penderita penyakit asma.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: muarafarma.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :