Nama Obat Asma Bronkial (Jenis Obat)

Nama obat asma pada umumnya digolongkan berdasarkan fungsi khusus obat asma. Apabila dilihat dari sediaannya, obat asma dibedakan antara obat yang diminum atau dihirup. Nama obat asma yang kita kenal biasanya merupakan nama obat asma paten bukan generik. Nama obat asma paten merupakan nama obat untuk penyakit asma yang diambil dari produsen obat, sedangkan nama obat penyakit asma yang bersifat generik diambil dari bahan dasar yang menyusun obat. Baik obat paten maupun obat generik memiliki khasiat yang sama untuk pengobatan penyakit asma.

Hal pembeda antara keduanya ialah harga dan sugesti dari pemakai yang biasanya lebih memilih obat paten dibandingkan dengan obat generik. Harga dari obat paten biasanya lebih mahal karena menggunakan label dari produsen obat, sedangkan obat generik biasanya lebih murah dibandingkan obat paten karena tidak menggunakan label. Namun, sebenarnya kedua jenis obat ini memiliki kualitas yang sama.


nama obat asma
Alat Nebulizer Omron NE-C 801 untuk Pengobatan ASMA


Nama Obat Asma Bronkial

Penyakit asma atau asma bronkial bisa terjadi pada semua kalangan usia termasuk anak-anak. Penyakit asma ini tidak dapat disembuhkan. Namun, dapat dikendalikan dengan menggunakan obat. Pengendalian penyakit asma dengan menggunakan obat ini bertujuan agar gejala penyakit asma dapat berkurang, bahkan menghilang. Nama obat asma yang paling sering digunakan dan banyak dikenal ialah inhaler. Inhaler merupakan obat asma yang diisap. Obat ini sangat efektif digunakan pada saat serangan asma datang. Obat ini dapat bekerja secara cepat karena bekerja secara langsung pada saluran pernapasan penderita penyakit asma.

Berikut beberapa nama obat asma bronkial yang sering digunakan untuk pengobatan penyakit asma bronkial.

Obat asma kortiko steroid 
Kortiko steroid merupakan salah satu obat sesak nafas atau asma yang berfungsi merespons fungsi sebagai penghalang ketika terjadi gangguan asma. Apabila penderita asma mengonsumsi obat ini, sedikitnya akan mengurangi serangan sesak nafas. Obat kortiko steroid bisa Anda beli di apotek terdekat.

Obat asma antikolinergik 
Antikoligernik merupakan obat sesak nafas atau asma yang bekerja dengan cara menghalangi kontraksi otot pada saat penyempitan pada saluran pernapasan. Selain itu, obat ini juga dapat memperlebar saluran pernapasan.

Obat asma agonis reseptor beta adrenergik
Agonis reseptor beta adrenergik merupakan obat asma yang ampuh dalam menangani penyakit asma khususnya pada saat terjadi serangan asma. Obat ini dapat mengurangi serangan asma yang terjadi akibat adanya aktivitas fisik yang berlebih. Obat ini memiliki efek dapat merangsang saluran pernapasan agar dapat melebar dengan sangat cepat. Namun, efek yang ditimbulkan obat ini akan terasa dalam waktu 4 -6 jam.

Obat asma golongan theophylline
Obat asma golongan theophylline merupakan obat asma yang memiliki banyak sediaan seperti sediaan sirup, tablet, dan kapsul. Obat asma golongan theophylline digunakan pada saat terjadi serangan asma atau sesak nafas berat.

Obat asma cromolin dan nedocromil 
Obat asma ini paling cocok digunakan sebagai obat pencegah serangan asma. Harga obat ini relatif dijual dengan harga mahal. Namun, obat ini tergolong aman karena tidak menimbulkan efek samping.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: apoteksehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :