Obat Asma Akut dari Bahan-bahan Alami

Obat asma akut dapat berupa obat kimia atau obat herbal. Pada umumnya asma akut terjadi tanpa sepengetahuan penderitabahwa dirinya telah mengidap penyakit asma sehingga serangan asma pada penderita asma akut lebih berat dibandingkan asma biasa. Lain halnya dengan asma kronis yang telah menderita penyakit asma. Serangan asma yang terjadi dianggap sebagai hal yang biasa karena serangan asma telah berulang kali terjadi.



obat asma akut
Alat Nebulizer Omron NE-C 28 untuk Pengobatan ASMA

Obat Asma Akut dari Bahan Alami 

Obat asma akut yang terbuat dari bahan alami secara efektif dapat meredakan gejala penyakit asma akut. Obat alami asma akut ini telah digunakan secara turun-temurun oleh penderita penyakit asma. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat asma akut.

Bahan pertama berasal dari bahan kencur. Obat alami dari kencur digunakan sebagai obat penyakit asma akut. Bahan-bahan yang diperlukan di antaranya kencur secukupnya, satu butir telur ayam, dan dua sendok makan madu. Cara membuatnya pertama yaitu mencuci kencur terlebih dahulu, kemudian kencur diparut dan diperas. Perasan dari kencur kemudian diminum setiap hari secara teratur.

Obat tradisional penyakit asma akut dari bahan alami yang kedua berasal dari buah cermai. Buah cermai memiliki khasiat untuk mengurangi gejala penyakit asma. Cara membuat obat tradisional dari bahan cermai, pertama menyediakan 6 biji buah cermai, seperempat genggam akar kara, dua siung bawang merah, dua gelas air matang, dan 8 buah kelengkeng. Cuci buah kelengkeng sampai bersih bersama bahan-bahan lainnya. Setelah itu, tumbuk semua bahan lalu masukkan ke dalam panci dan tambahkan dua gelas air. Rebus hingga tersisa setengah gelas saja. Setelah itu biarkan air rebusan sampai dingin lalu saring dan minum.

Obat tradisional penyakit asma akut dari bahan alami yang ketiga berasal dari daun ti kolod. Mungkin bagi kita nama daun ti kolod menjadi salah satu hal yang aneh dan jarang kita dengar. . Namun, daun ti kolod ini memiliki khasiat yang cukup efektif untuk mengobati penyakit asma. Cara membuat obat tradisional dari daun ini ialah dengan menyiapkan 2 lembar daun ti kolod serta air sebanyak dua gelas. Cuci daun ti kolod kemudian rebus daun ti kolod bersama air sebanyak 2 gelas. Rebus hingga tersisa setengahnya. Biarkan air rebusan daun ti kolod dingin lalu minum airnya.

Obat tradisional penyakit asma akut dari bahan alami yang keempat berasal dari bunga kenanga kering. Bunga kenanga berkhasiat mengurangi gejala penyakit asma. Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan 3 lembar bunga kenanga. Kemudian bunga kenanga kering direbus ke dalam air sebanyak 200 cc atau satu gelas. Rebus bunga kenanga kering hingga mendidih. Setelah mendidih, biarkan dan tutup dengan rapat-rapat. Setelah dingin, air rebus bunga kenanga diminum sekaligus.

Demikian beberapa resep obat tradisional penyakit asma akut yang dapat dibuat di rumah. Pengobatan dengan bahan alami bila dilakukan secara rutin akan memberikan manfaat yang baik bagi penyakit asma akut yang diderita.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: dedaunan.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :