Obat Asma Anak (Jenis dan Golongan)

Obat asma pada anak pada umumnya tidak berbeda jauh dengan obat asma untuk orang dewasa. Perbedaannya pada dosisnya, obat asma anak dosisnya lebih rendah dibandingkan dengan dosis obat asma pada orang dewasa. Obat asma anak efektif meredakan gejala yang menyebabkan penyakit asma. Obat ini pada umumnya membuat saluran pernapasan menjadi lega sehingga mempermudah untuk bernapas. Apalagi jika terjadi serangan asma, obat ini sangat dibutuhkan sebagai pertolongan pertama pada anak yang mengalami serangan asma.



obat asma anak
Alat Nebulizer Philips untuk Pengobatan ASMA


Asma pada anak sudah dapat dikenali terutama semenjak anak balita. Gejala dari adanya penyakit asma pada anak akan dirasakan berbeda oleh setiap anak. Gejala yang dirasakan bervariasi bisa gejala ringan hingga yang berat. Terdapat anak yang mungkin merasakan gejalanya setiap hari. Ada pula anak yang tidak merasakan gejalanya. Namun, dapat saja seketika mengalami serangan asma yang berat. Oleh sebab itu, sebagai orang tua kita harus selalu waspada untuk memerhatikan kondisi anak penderita asma.

Gejala umum yang dirasakan oleh anak penderita penyakit asma di antaranya ialah batuk dalam jangka lama, kesulitan bernapas, bunyi mengi saat bernapas, mudah lelah, sering batuk, bernapas terengah-engah, sesak pada daerah dada, dan lain sebagainya.

Macam-macam Obat Asma Anak


Obat asma anak yang paling sering digunakan untuk pengobatan penyakit asma pada anak-anak di antaranya ialah obat asma berupa uap. Fungsi dari obat asma anak ini umumnya ialah untuk mengurangi gejala yang ada dan mencegah terjadinya serangan asma. Berikut terdapat beberapa obat yang dapat digunakan sebagai obat asma anak di antaranya ialah:

Kortikosteroid hirup
Obat-obatan ini termasuk dalam golongan obat antiperadangan untuk penyakit asma dalam jangka panjang. Obat ini dapat mencegah terjadinya serangan asma sehingga obat ini paling banyak digunakan untuk mengatasi asma pada anak-anak dan balita. Contoh nya ialah fluticasone, ciclesonide, budesonide, mometasone, ciclesonide, dan beclomethasone.

Inhaler kombinasi. Inhaler kombinasi berfungsi mencegah serangan asma. obat ini merupakan paduan dari obat kortikosteroid dengan pereda asma reaksi lambat. Obat ini terdiri dari campuran antara mometasone dengan formoterol, fluticasone dengan salmeterol dan budesonide dengan formoterol.

Long Actung Beta Anatagonist (LABA)
LABA termasuk ke dalam pereda asma dengan reaksi yang lambat. Obat ini dapat digunakan untuk membuka saluran pernapasan yang sempit dan mengurangi terjadinya peradangan. Contoh dari obat ini ialah formoterol dan salmerterol.

Pengubah leukotrin
Obat ini bekerja dengan cara memblokir efek dari leukotrin. Leukotrin ialah senyawa imun dari sistem yang dapat menimbulkan gejala asma. obat ini biasanya dicampurkan dengan obat kortikosteroid hirup. Contoh obat ini ialah zafirlukast, montelukast dan zileuton.

Theophylline
Theophylline dapat dikonsumsi setiap hari agar dapat membuta pernapasan menjadi mudah. Theophylline bekerja dengan cara melemaskan otot yang berada di sekitar daerah saluran pernapasan.


Demikian beberapa obat yang dapat digunakan anak-anak penderita penyakit asma. Dilihat dari jenis atau golongan obatnya, obat asma anak ini hampir sama dengan obat asma untuk orang dewasa. Namun, terdapat perbedaan di antara keduanya yaitu kadar dosis yang diberikan untuk pengobatan asma anak lebih rendah dibandingkan dengan dosis obat yang diberikan pada orang dewasa.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :