Obat Asma Bronkial dengan Bahan Alami

Obat asma bronkial dapat membantu menangani gejala asma yang mengganggu pernapasan. Penyakit asma ini menyebabkan pasien sulit untuk bernapas. Asma bronkial merupakan penyakit asma yang mengganggu saluran bronkial yang memiliki ciri periodik bronkospasme. Ciri ini dikenal dengan kontraksi spasme di saluran napas. Pada umumnya orang-orang menyebutnya dengan mengi. Untuk mengatasi penyakit asma bronkial, salah satunya dengan mengonsumsi obat pereda asma.



obat asma bronkial
Alat Nebulizer ABN untuk Pengobatan Asma


Gejala Asma dan Obat Asma Bronkial


Sebelum mengetahui obat asma brokial, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui beberapa gejala asma bronnkial. Gejala asma bronkial antara lain:

Batuk 
Gejala penyakit asma bronkial yang berikutnya yaitu batuk kering yang kemudian menjadi batuk berdahak yang pada umumnya terjadi pada malam hari.


Sesak nafas
Gejala pertama yang biasa dialami oleh seseorang penderita asma bronkial yaitu sesak nafas atau kesulitan bernafas yang disertai dengan bunyi pada saat mengeluarkan nafas atau mengi.


Sesak dada 
Gejala penyakit asma bronkial yang selanjutnya yaitu rasa sesak di dada. Sesak di dada diakibatkan karena sesak nafas yang diderita.


Untuk mengatasi gejala asma bronkial dapat menggunakan obat asma bronkial. Selain obat-obatan kimia, pengobatan asma bronkial bisa menggunakan tanaman tradisional berikut ini:

Daun sirih 
Daun sirih sangat mudah ditemukan di sekitar lingkungan kita. Daun ini merupakan bahan dasar untuk perawatan tradisional orang yang menderita penyakit asma. Ramuan sirih ini dapat digunakan untuk pertolongan pertama pada penderita asma. Daun sirih mengandung kadar minyak atsiri yang cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan sensasi hangat pada tubuh.

Untuk pembuatan ramuan sirih caranya dengan mengambil tujuh lembar daun sirih, satu sendok teh lada putih, dan minyak kayu putih secukupnya. Cara membuatnya sangat sederhana, pertama tumbuklah lada putih bersamaan dengan daun sirih sampai halus. Kemudian, campurkan hasil tumbukan lada putih dan daun sirih tadi dengan beberapa tetes minyak kayu putih, dan aduk-aduk atau campurkan menggunakan sendok hingga tercampur rata. cara pemakaiannya yaitu dengan cara dibalurkan pada dada dan leher.


Kencur 
Selain daun sirih, obat asma bronkial dapat menggunakan kencur. Kencur mengandung pati sebanyak 4,14%, mineral 13,73%, dan minyak atsiri sebanyak 0.02%. Daun ini dapat melegakan saluran pernapasan. Kencur dapat memberikan sensasi hangat pada dada sehingga gangguan pernapasan pun terasa mereda. Cara membuat ramuan kencur sangat mudah.

Anda cukup menyiapkan kencur secukupnya, madu murni sebanyak dua sendok makan, satu butir telur ayam kampung, dan seperempat buah jeruk nipis. Untuk cara pembuatannya pertama bersihkan dahulu bahan-bahan untuk membuat kencur dengan air sampai bersih, kemudian parutlah kencur yang sudah dicuci kemudian peras dan ambil sari-sarinya. Setelah itu, campurkan sari pati kencur dengan madu, telur ayam kampung dan air perasan jeruk nipis. Aduklah bahan sampai rata dan jadilah ramuan kencur untuk mengatasi gejala penyakit asma. Untuk mengonsumsinya minumlah ramuan setiap sore dan malam hari menjelang tidur.

Selain menggunakan tanaman tradisional, untuk mengatasi gejala penyakit asma bronkial dapat juga menggunakan obat-obatan kimia. Salah satu obat yang sering digunakan adalah atroven yang dimasukan dalam alat inhaler.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: m.vemale.com, alodokter.com, sehatmanis.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :