Obat Asma Herbal (Cara Pembuatannya)

Obat asma herbal umumnya dibuat dari tanaman yang berkhasiat untuk mengurangi gejala penyakit asma, bahkan dapat menyembuhkan penyakit asma. Obat asma herbal ini bisa digunakan setiap hari agar memberikan efek yang diinginkan tanpa khawatir efek sampingnya karena obat asma herbal memiliki efek samping yang sangat kecil. Obat penyakit asma yang terbuat dari herbal sudah terbukti efektif untuk mengurangi gejala yang diakibatkan oleh penyakit asma. Salah satu gejala yang dapat dikurangi dengan menggunakan obat asma herbal ini di antaranya ialah sesak napas, batuk dan lain sebagainya.



obat asma herbal
Alat Nebulizer Philips untuk Pengobatan ASMA


Obat asma herbal tergolong ke dalam obat asma tradisional. Namun, dikatakan modern bila obat herbal telah diproduksi dengan menggunakan alat-alat canggih dan dapat diproduksi dalam jumlah yang banyak. Keduanya sebenarnya memiliki efek yang sama terhadap penyakit asma karena dibuat dari bahan dasar yang sama. Secara penggunaan lebih praktis menggunakan obat herbal yang telah diproduksi dalam kemasan, tetapi tidak ada salahnya kita meracik sendiri obat herbal penyakit asma.

Cara Membuat Obat Asma Herbal

Cara membuat obat asma herbal sebenarnya cukup mudah karena bahan-bahan alami yang mudah untuk didapatkan. Mengolahnya pun cukup mudah, biasanya obat asma herbal dibuat menjadi rebusan dari bahan dasar yang diolah. Misalnya saja obat asma herbal yang dibuat dari tanaman jahe. Tanaman jahe beserta bahan lain seperti bawang putih dan daun kayu cendana. Satu setengah jari tangan jahe dibakar sampai dengan kalis. Kemudian 3 siung bawang putih diiris tipis lalu dicampur bersama dengan jahe yang dibakar tadi dan ditumbuk. Setelah ditumbuk, campurkan daun kayu cendana dan masukkan 3 gelas air dan rebus sampai tersisa satu setengah gelas. Setelah itu saring air rebusan dan masukkan ke dalam botol yang steril. Aturan untuk mengonsumsi ramuan ini dibedakan berdasarkan usia. Pada anak dengan usia 5 sampai dengan 8 tahun dapat meminum ramuan ini setiap 3 kali dalam sehari dengan dosis sebanyak satu sendok makan. Pada anak dengan usia 9 hingga 12 tahun dapat meminum ramuan ini setiap 3 kali dalam sehari dengan dosis sebanyak 6 sendok makan. Pada orang dewasa dapat meminum ramuan ini setiap hari sebanyak 3 kali dengan dosis 8 sendok makan.

Cara membuat obat asma selanjutnya berbahan dasar kencur. Kencur mengandung berbagai zat yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit asma. zat yang dimiliki oleh kencur di antaranya ialah pati, mineral, minyak atsiri dan lain sebagainya. Umumnya semua zat yang dikandung dalam kencur berkhasiat melegakan saluran pernapasan. Namun, kencur lebih efektif bekerja untuk mengatasi penyakit asma apabila dicampur dengan bahan lain seperti madu, telur ayam kampung dan jeruk nipis. Cara membuat ramuan dari kencur yaitu dengan membersihkan semua bahan dengan menggunakan air mengalir sampai bersih. Kemudian kencur diparut dan diambil sari patinya. Sari pati dari kencur dicampurkan dengan dua sendok makan madu murni, satu butir ayam kampung dan air perasan jeruk nipis. Semua bahan diaduk sampai rata. Ramuan bisa diminum setiap hari pada sore dan malam hari karena pada waktu inilah ramuan dapat bekerja secara maksimal. Namun perlu diingat, perhatikan dosisnya jangan sampai obat herbal dikonsumsi secara berlebihan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: duniainformasikesehatan.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :