Obat Asma Tradisional (Cara Pembuatan)

Obat asma tradisional biasanya terbuat dari bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan yang mampu mengurangi gejala penyakit asma. Obat asma tradisional memiliki efek samping yang sedikit dibandingkan dengan obat asma yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Namun, obat asma tradisional memerlukan waktu yang cukup lama dalam mengobati penyakit asma sehingga penggunaannya tidak cukup hanya satu kali, melainkan beberapa kali hingga gejala penyakit asma berkurang atau menghilang. Obat asma tradisional bersifat tidak bersifat praktis karena kita perlu mengumpulkan bahannya dan membuat obat terlebih dahulu sebelum digunakan. Namun,, kini tersedia obat tradisional asma yang sudah diproduksi dalam bentuk kemasan.



obat asma tradisional
Alat Nebulizer Omron NE-C 801 untuk Pengobatan ASMA

Cara Membuat Obat Asma Tradisional


Negara kita merupakan negara yang cukup kaya akan rempah-rempah dan tumbuhan. Tumbuhan memiliki berbagai manfaat di antaranya untuk pengobatan penyakit. Penyakit yang dapat di sembuhkan dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan tertentu di antaranya ialah penyakit asma. Utamanya tumbuhan dapat meringankan gejala yang dialami oleh penderita penyakit asma.

Berikut beberapa tumbuh-tumbuhan yang dapat dijadikan obat asma tradisional di antaranya ialah daun sirih, bawang putih, kencur, jahe merah, kemangi, daun randu, dan seledri. Cara membuat obat asma tradisional dari tumbuhan sangat mudah. Misalnya saja untuk obat asma tradisional yang terbuat dari daun sirih, cara membuatnya yaitu dengan mengambil 10 lembar daun sirih kemudian daun di cuci hingga bersih. Setelah di cuci, daun ditumbuk bersama dengan lada sebanyak 1 sendok makan. Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam racikan. Cara menggunakan ramuan tradisional cukup dengan mengoleskannya pada bagian leher dan dada saat serangan asma terjadi. Ramuan obat tradisional ini memberikan rasa hangat sehingga dapat membuat saluran pernapasan menjadi longgar.

Cara membuat obat asma tradisional selanjutnya yaitu dari bawang putih. Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan 5 siung bawang putih yang telah dipisahkan dari kulit luarnya serta dicuci bersih. Setelah itu cincang bawang putih dan rebus dalam air sebanyak 1 gelas. Rebus hingga tersisa setengah gelas kemudian setelah tersisa setengah gelas, angkat dan campurkan dengan madu asli sebanyak 2 sendok. Lalu aduk sampai rata. Cara menggunakan ramuan tradisional ini ialah dengan cara diminum. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Bawang putih berkhasiat mencairkan lendir pekat yang terdapat dalam tenggorokan dan menghalangi jalan napas.

Bahan yang dijadikan obat asma tradisional lainnya ialah kencur. Cara membuat obat tradisional dari kencur ini ialah dengan memarut kencur secukupnya kemudian saring parutan kencur hingga mendapatkan sarinya. Setelah itu, tambahkan air jeruk nipis yang diperas, dua sendok makan madu dan satu butir telur ayam ke dalam sari pati kencur. Aduk ramuan sampai rata lalu minum.

Jahe merah dapat dijadikan sebagai obat tradisional penyakit asma. cara membuat ramuan dari jahe merah ini dengan menyiapkan 3 ruas jahe merah kemudian diparut. Setelah diparut, jahe merah direbus sampai mendidih. Setelah mendidih, biarkan air rebusan sejenak. Sajikan rebusan jahe merah dalam keadaan hangat. Lalu campurkan madu asli dan di aduk merata.

Selain jahe merah, daun kemangi juga berkhasiat untuk melegakan pernapasan. Cara membuat ramuan obat asma dari daun kemangi yaitu merebusnya bersamaan dengan madu dan jahe.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: vemale.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :