Obat Herbal Asma (Bahan Dasar Obat)

Obat herbal asma merupakan pengobatan tradisional dengan memanfaatkan bahan-bahan alami guna untuk mengobati penyakit asma. Obat herbal asma ini sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala penyakit asma. Umumnya obat herbal asma dibuat dengan cara direbus ataupun dengan cara lainnya yang tidak mengurangi khasiat dari tanaman yang digunakan sebagai obat herbal asma. Kebanyakan tanaman yang digunakan sebagai pengobatan asma ini dapat kita olah menjadi obat untuk penyakit asma. Obat herbal penyakit asma ada juga yang sudah diolah dalam bentuk kemasan obat herbal.



obat herbal asma
Alat Nebulizer ABN Ultrasonic untuk Pengobatan ASMA
  

Bahan Dasar Obat Herbal Asma


Bahan dasar obat herbal asma dapat dibuat dari beberapa bahan dasar seperti kencur, jahe merah, dan lain sebagainya. Semua bahan dasar memiliki khasiatnya masing-masing dalam mengobati penyakit asma.

Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat mengancam jiwa terutama saat serangan asma datang. Bila tidak ditangani secara cepat dan tepat dapat berujung pada kematian. Penyebab kematian penderita karena tidak adanya ataupun sedikit oksigen yang masuk dalam saluran pernapasan penderita asma. Oleh sebab itu, baik penderita maupun keluarga harus selalu menyediakan obat asma sebagai langkah preventif bila terjadi serangan asma. Serangan asma yang terjadi bersifat mendadak atau tiba-tiba. Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu mendampingi menderita penyakit asma karena sewaktu-waktu bisa saja terjadi serangan asma. Lakukan pertolongan pertama dengan cepat dan tepat agar pasien segera diselamatkan.

Penanganan penyakit asma tidak hanya bergantung pada obat kimia saja melainkan berupa obat herbal. Kini, penggunaan obat herbal menjadi tren dalam mengobati penyakit asma. Banyak sekali bahan dasar yang dapat digunakan sebagai pembuat obat asma tradisional.   Bahan-bahan alam yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk penyakit asma di antaranya ialah jahe, bunga kenanga kering, dan lain-lain. Tanaman jahe sangat terkenal akan manfaatnya yaitu untuk menghangatkan badan. Ternyata dibalik khasiatnya untuk menghangatkan badan , jahe dapat juga dijadikan untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan. Penyakit asma itu dapat terjadi sebagai akibat dari adanya peradangan pada bagian saluran napas bawah. Oleh sebab itu, gunakan jahe untuk mengatasi peradangan . Alangkah lebih baik lagi bila jahe dikombinasikan bersamaan dengan madu karena madu berkhasiat mengencerkan lendir yang terdapat di saluran pernapasan sehingga untuk menghentikan peradangan sebaiknya gunakan jahe, sedangkan untuk mengeluarkan lendir gunakanlah madu atau dikombinasikan diantara keduanya.

Selain jahe, tanaman lain yang dapat dijadikan obat herbal ialah bunga kenanga. Bunga kenanga yang kering dapat dijadikan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati penyakit asma. Caranya bunga kenanga kering diseduh dengan air hangat lalu air diminum secara rutin. Cara lainnya pembiatannya yaitu dengan menyiapkan 3 kuntum bunga kenanga, lalu direbus bersama dengan air 200 cc sampai dengan mendidih. Setelah mendidih, air rebusan didinginkan, setelah air dingin kemudian diminum secara teratur.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: dedaunan.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :