Obat Tradisional Asma dari Bahan Alami

Obat tradisional asma banyak dipilih karena khasiatnya mengurangi gejala penyakit asma dan dapat menyembuhkan penyakit asma secara bertahap. Obat tradisional asma menjadi salah satu pilihan bagi penderita penyakit asma untuk pengobatannya. Obat tradisional asma dibuat dari bahan-bahan alami berupa tanaman herbal yang terkenal akan khasiatnya. Salah satu di antaranya ialah tanaman bawang putih. Tanaman bawang putih ini selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan dapat juga digunakan untuk pengobatan penyakit asma. Bawang putih mengandung ekspektoran yang dapat mengencerkan lendir di dalam tenggorokan.

Obat tradisional asma lainnya dibuat dari tanaman jahe. Tanaman jahe sering digunakan sebagai obat penyakit asma karena tanaman jahe ini mengandung gingerol. Kandungan gingerol yang terdapat dalam tanaman jahe ini dipercaya dapat mengobati penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada saluran pernapasan seperti penyakit asma.



obat tradisional asma
Alat Nebulizer ABN untuk Pengobatan ASMA

Cara Membuat Obat Tradisional Asma


Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, beberapa tanaman dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit asma. Berikut cara membuat racikan obat-obatan tradisional asma.

Daun seledri
Sediakan daun seledri sebanyak 3 tangkai, kemudian sediakan juga daun kapuk sebanyak 3 tangkai, gula aren, garam, dan air matang sebanyak setengah gelas kemudian daun seledri dan daun kapuk dicuci hingga bersih. Daun ditumbuk kemudian ditambahkan dengan garam dan gula aren. Tumbuk semua bahan sampai halus. Campur semua bahan secara merata, selanjutnya masukkan air matang sebanyak setengah gelas dan aduk adonan sampai rata. Setelah semuanya tercampur rata, langkah selanjutnya ialah saring ramuan lalu minum air yang telah di saring. Ramuan obat tradisional ini sebaiknya diminum setiap hari sebelum makan pagi.

Bawang putih
Bahan-bahan lain yang disiapkan selain bawang putih ialah madu dan air sebanyak satu gelas. Bawang putih diiris kecil-kecil kemudian bawang putih yang telah diiris direbus dengan menggunakan air sebanyak satu gelas hingga tersisa air sebanyak setengah gelas. Setelah itu, madu dimasukkan ke dalam ramuan lalu aduk hingga rata. Obat ini dapat diminum setiap hari sebanyak dua kali.

Jahe
Siapkan jahe sebanyak 3 gr, daun pacu kuda sebanyak 3 gr, lengkuas sebanyak 3 gr, kencur sebanyak 3 gr, kayu manis, daun iler sebanyak 3 gr, dan air sebanyak 3 gelas. Semua bahan-bahan di cuci hingga bersih. Kemudian jahe dan lengkuas diparut hingga halus. Sedangkan untuk kencur dan kayu manis ditumbuk dan dicampurkan ke dalam parutan jahe dan lengkuas. Di samping itu daun pacu kuda dan daun iler di iris tipis-tipis. Lalu masukkan ke dalam adonan. Adonan direbus dalam 2 gelas air sampai tersisa satu gelas air rebusan. Biarkan air rebusan dingin terlebih dahulu. Barulah setelah itu air rebusan di saring dan diminum. Untuk mendapatkan efek yang maksimal, maka air rebusan ini harus diminum secara teratur hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: herbal.tanijogonegoro.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :