Pengertian Asma menurut Beberapa Sumber

Pengertian asma diartikan sebagai respons penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit asma bersifat genetik atau diwariskan. Hal ini berarti bila dalam satu keluarga terdapat pengidap penyakit asma maka kemungkinan besar anggota keluarga lainnya berpotensi terkena penyakit asma juga. Penyakit asma ini umumnya tidak terlalu berat apabila tidak ada serangan asma. Namun, penyakit ini dapat berbahaya jika serangan asma datang tiba-tiba karena penderita mengalami kesulitan untuk bernapas. Bila tidak mendapatkan pertolongan dengan segera, bisa berakibat kematian.

Jangan pernah menganggap remeh penyakit asma dan perlakukan penderita penyakit asma sebagai penyakit yang memiliki risiko fatal bila tidak mendapatkan penanganan dengan segera, terutama saat terjadi serangan asma. Biasanya pertolongan yang diberikan pada saat datang serangan asma ialah pemberian obat uap yang berfungsi untuk memperlebar saluran pernapasan agar udara mudah untuk keluar masuk dari saluran pernapasan.



pengertian asma
Alat Nebulizer Philips untuk Pengobatan ASMA

Pengertian Asma menurut Beberapa Sumber


Terdapat beberapa pengertian asma yang dilansir sebagai berikut :

Pengertian asma menurut Global Initiative for Asthma (GINA)
Pengertian asma menurut GINA ini merupakan pengertian tentang penyakit asma yang dikemukakan oleh organisasi peduli asma pada tahun 2006. Organisasi ini menyatakan penyakit asma merupakan penyakit yang terjadi sebagai akibat gangguan inflamasi atau peradangan yang bersifat kronik pada saluran pernapasan. Peradangan yang terjadi melibatkan banyak sel dalam saluran pernapasan seperti sel eosinofil, sel mast dan limfosit T.

Orang yang mengalami peradangan ini dapat menyebabkan terjadinya bunyi mengi pada saat bernapas. Selain itu hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya sesak nafas, perasaan tertekan pada bagian dada, dan sering batuk. Batuk yang terjadi pada penderita asma biasanya lebih sering terjadi pada malam atau dini hari. Adanya bunyi mengi, sesak napas, perasaan tertekan pada dada, dan batuk ini berhubungan dengan terjadinya penyempitan pada jalan napas. Penyempitan pada jalan napas ini biasanya bersifat sementara dan dapat kembali secara spontan atau dengan bantuan obat-obatan. Peradangan berhubungan juga dengan hiperaktivitas dari jalan napas terhadap berbagai rangsangan yang datang.


Pengertian asma menurut buku penyakit asma
Menurut buku, penyakit asma didefinisikan penyakit asma ini ialah merespons keadaan saluran pernapasan yang mengalami penyempitan oleh karena terjadi reaksi hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu. Biasanya penyempitan dari saluran pernapasan ini bersifat sementara dan dapat sembuh kembali dengan spontan atau pun dengan menggunakan obat-obatan. Penyakit asma ini dapat diderita oleh siapa saja tanpa memandang usia. Namun, pada umumnya penyakit asma ini banyak diderita oleh anak-anak berusia kurang dari 5 tahun dan orang dewasa dengan usia di atas 30 tahun.


Pengertian asma menurut buku Bronchial Thermoplasty Terapi baru untuk Asma Berat
Di dalam buku ini dinyatakan penyakit asma merupakan gangguan peradangan pada saluran pernapasan yang bersifat kronik. Saluran pernapasan yang mengalami peradangan akan bersifat lebih sensitif sehingga apabila terdapat zat alergen yang masuk ke dalam saluran napas maka dapat membuat jalan pernapasan menjadi tersumbat karena saluran pernapasan mengalami penyempitan. Bagian saluran pernapasan yang mengalami penyempitan di antaranya ialah bagian bronkus. Selain itu adanya mukus dan meningkatnya proses radang yang membuat udara sulit masuk dan keluar melalui saluran pernapasan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: asma.web.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :