Penyakit Asma dan Pencegahannya dengan Makanan

Penyakit asma dan pencegahannya sangat penting dilakukan agar dapat mencegah terjadinya serangan asma. Penyakit asma dapat dicegah dengan mengonsumsi obat, makanan, atau melakukan aktivitas fisik tertentu. Serangan asma dapat terjadi karena reaksi pemicu asma itu . Oleh sebab itu, usahakan penderita asma menjauhi dan menghindari faktor pemicu asma.

Salah satu bentuk pencegahan penyakit asma agar tidak semakin bertambah parah dan berat yaitu dengan mengonsumsi makanan tertentu. Makanan yang dimaksud biasanya berupa sayuran dan buah-buahan yang dapat memberikan manfaat dan mengurangi gejala penyakit asma yang ada.


penyakit asma dan pencegahannya
Alat Nebulizer ABN untuk Pengobatan ASMA

    

Penyakit Asma dan Pencegahannya dengan Makanan

Salah satu tanaman yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi gejala asma ialah tanaman rosemary. Tanaman ini mengandung asam rosmarinic. Asam rosmarinic merupakan polifenol alami yang berasal dari tanaman. Fungsi dari polifenol ini ialah membantu meringankan gejala asma. Gejala asma ini dapat berkurang oleh antioksidan asam rosmarinic yang lebih kuat dibandingkan dnegan vitamin E. Asam rosmarinic ini juga dapat memicu produksi dari prostacyclins yang dapat menjaga saluran pernapasan agar tetap melebar sehingga udara dapat keluar masuk dengan bebas. Biasanya rosemary ini dugunakan sebagai bumbu penyedap rasa ikan, saus tomat dan daging panggang.

Tanaman lainnya yang baik bagi penderita asma ialah buckwheat. Buckwheat ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asma karena tidak menimbulkan alergi pada penderita penyakit asma khususnya yang mempunyai riwayat alergi terhadap makanan. Selain itu, tanaman ini juga kaya akan magnesium dan mineral yang membuat otot-otot di saluran pernapasan menjadi rileks. Untuk mengonsumsi tanaman ini, olahlah terlebih dahulu menjadi bubur.

Makanan berkhasiat lainnya adalah bawang putih. Tanaman ini terkenal dalam dunia pengobatan herbal karena khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit asma. Bawang putih telah diakui sejak zaman terdahulu karena khasiatnya. Selain digunakan sebagai obat, bawang putih juga dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui khasiat dari bawang putih.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu bawang putih juga mampu mengurangi gejala penyakit asma oleh karena di dalam bawang putih dapat menghambat aktivitas enzim tertentu yang dapat menghasilkan zat inflamasi. Di dalam bawang putih pun terkandung vitamin C kalium dan selenium yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asma.

Selain sayuran, buah apel dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma. Penelitian pada ibu hamil dengan riwayat penyakit asma menunjukkan ibu hamil yang mengonsumsi buah apel selama kehamilannya dapat menurunkan risiko penyakit asma pada bayinya. Selain itu terdapat penelitian lain yang menunjukkan bahwa dengan meminum jus buah apel pada anak-anak setiap hari maka dapat mengurangi timbulnya mengi sebanyak 50%. Di dalam buah apel terkandung zat bioflavanoid sperti quercetin. Quercetin itu dapat bertindak sebagai anti histamin, antioksidan, dan antiinflamasi.

Semoga melalui artikel ini, pembaca dapat penjelasan lebih  tentang penyakit asma dan pencegahannya.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: muarafarma.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :