Penyebab Asma Pada Anak

Penyebab asma pada anak diakibatkan karena gangguan pada saluran pernapasan. Salah satu penyebab terjadinya penyakit asma yaitu peradangan atau inflamasi yang menyebabkan terjadinya penyempitan pada saluran pernapasan. Penyakit asma dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal batas usia dan jenis kelamin. Penyakit asma bisa terjadi pada anak-anak. Oleh sebab itu, sebagai orang tua perlu mengetahui cara mengatasinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menghindari beberapa penyebab asma pada anak karena dengan mengetahui penyebab asma pada anak akan lebih mudan untuk mengatasi penyakit ini.



penyebab asma pada anak
Alat Nebulizer ABN untuk Pengobatan Asma


Faktor Penyebab Asma Pada Anak

Salah satu penyebab asma pada anak yaitu berhubungan dengan sistem imunitas anak. Penyebab asma pada anak ini berkaitan dengan kekebalan tubuh anak. Kekebalan tubuh merupakan bentuk perlindungan yang terdapat di dalam tubuh. Saat bakteri menyerang, sistem kekebalan tubuh akan secara cepat merespons dan mengenali anomali dalam tubuh kemudian melepaskan antibodi untuk menghancurkan virus dan bakteri yang dapat mengganggu hingga kondisi tubuh kembali normal. Sebagai pelindung tubuh, sistem kekebalan tubuh akan merespons setiap kali ada ancaman.

Sistem kekebalan tubuh bisa bekerja sangat baik untuk merespons penyebab penyakit asma seperti tungau debu, serbuk, kutu kucing, dan makanan tertentu. Sistem kerja kekebalan tubuh tidak bekerja seperti seharusnya, bukannya mengeluarkan serbuk dengan bersin, tetapi dengan mempercepat tubuh untuk melepas antibodi spesifik pembasmi antigen dan mencetuskan serangan penyakit asma.

Penyebab asma pada anak yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh perlu dipahami dengan baik agar dapat memahami kondisi anak yang bereaksi secara berlebihan dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Aspek-aspek khusus penyakit asma yang diderita oleh anak-anak berhubungan dengan proses perkembangan yang terjadi pada anak-anak, baik dari masa bayi, balita, sampai mereka besar. Penyebab asma pada anak dipengaruhi peran atopi yang memberikan pengaruh besar dan merupakan merespons hal yang penting dan harus dipertimbangkan dengan baik untuk membantu diagnosis.

Salah satu upaya penanganan penyebab asma pada anak yaitu dengan menggunakan mekanisme sensitisasi. Mekanisme ini diberikan pada penyebab alergi serta perkembangan penyakit alergi.

Gejala Asma pada Anak

Beberapa gejala asma pada anak yang dapat terjadi, di antaranya:
  • Batuk dan bunyi mendesing (wheezing) pada waktu bernafas atau pada saat tidak menghirup dan mengeluarkan udara pernafasan. Gejala asma pada anak yang kedua yaitu anak mengalami keluhan dadanya terasa sakit seperti tertekan;
  • Nafas yang dikeluarkan oleh anak pendek. Hal ini menyebabkan udara sulit keluar-masuk melalui saluran pernafasan;
  • Kesulitan bernafas atau sesak nafas pada anak. Hal ini disebabkan nafas pendek yang mengakibatkan udara yang keluar-masuk ke dalam tubuh mengalami kesulitan. Gejala ini merupakan gejala umum penyakit asma pada penderita asma.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: asmapadaanak.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :