Penyebab Penyakit Asma atau Sesak Napas

Penyebab penyakit asma pada umumnya disebabkan oleh adanya reaksi peradangan pada saluran pernapasan. Reaksi peradangan timbul akibat adanya zat alergen yang membuat peradangan pada saluran pernapasan. Akibatnya saluran pernapasan menjadi menyempit dan pasien penderita asma mengalami kesulitan dalam bernapas. Apabila kesulitan dalam bernapas ini dirasakan berat maka menimbulkan risiko yang berbahaya seperti kematian. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi penderita penyakit asma agar mencegah terjadinya serangan asma. Salah satu caranya ialah dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya penyakit asma.



pengobatan penyakit asma
Alat Nebulizer Philips untuk Pengobatan ASMA
   

Seperti yang kita ketahui penyakit asma bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti adanya faktor pemicu asma. Salah satu faktor pemicu asma yang dapat menimbulkan penyakit asma atau serangan asma diantaranya ialah debu, sari bunga, ikan tertentu, terpapar zat kimia, infeksi pada saluran pernapasan, asap rokok dan lain sebagainya.

Penyebab Penyakit Asma menurut Berbagai Sumber


Menurut beberapa sumber, penyebab asma bisa disebabkan karena dua hal. The Lung Association of Canada mengemukakan dua faktor penyebab penyakit asma yaitu pemicu asma dan penyebab asma. Pemicu asma ialah respons yang merangsang munculnya penyakit asma atau serangan asma sedangkan yang termasuk dalam pemicu asma ialah serbuk sari, makanan tertentu, infeksi saluran pernapasan, dan lain-lain.

Penyebab asma yang selanjutnya ialah alergen. Penyebab asma ini merupakan reaksi peradangan dan hiperreaktivitas dari saluran napas. Adanya reaksi peradangan ini dapat membuat saluran pernapasan menjadi sempit. Berbagai zat dapat menjadi merespons alergen atau faktor pemicu asma. Alergen itu terdiri dari alergen inhalan, alergen ingestan, dan alergen yang kotak melalui kulit.

Semua alergen ini patut dihindari terutama bagi penderita penyakit asma. Apabila terdapat alergen maka waspadailah kemungkinan terjadinya serangan asma. Apabila serangan asma terjadi, sesegera mungkin memberikan pertolongan sebelum terjadinya kegagalan bernapas.

Penyebab asma harus kita kenali supaya mudah identifikasi penyakit asma yang terjadi. Secara prinsip, jangan anggap penyakit asma sebagai penyakit ringan. Penyakit asma akan terasa lebih berat jika saat serangan asma datang. Apabila terjadi serangan asma, penderita asma harus secepat mungkin mendapatkan pertolongan. Pertolongan yang diberikan saat terjadi serangan asma ini biasanya berupa obat asma dalam bentuk uap. Pemberian obat asma dalam bentuk uap diharapkan dapat mengurangi serangan asma yang terjadi. Obat asma dalam bentuk uap efektif dan praktis karena mudah untuk bereaksi dan bekerja langsung di saluran pernapasan.

Jadi bagi penderita penyakit asma dianjurkan memiliki dan menyediakan obat uap ini karena serangan asma bisa terjadi tiba-tiba tanpa kita prediksi sebelumnya. Oleh sebab itu, bagi penderita asma harus siap sedia dan membawa selalu obat asma uap ini. Obat asma uap bisa diperoleh di apotek atau toko alat kesehatan. Obat asma uap ini dinamakan dengan inhaler yang berisikan obat asma.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :