Tanda dan Gejala Asma pada Penyakit Asma

Tanda dan gejala asma dimulai dari gejala ringan sampai dengan gejala yang berat. Tanda dan gejala asma yang semakin memburuk dikenal dengan serangan asma. Serangan ini merupakan hal yang tidak diharapkan terjadi pada penderita penyakit asma. Tanda dan gejala asma di antaranya ialah batuk-batuk yang tak kunjung sembuh, kesulitan bernapas, sesak napas, suara mengi, dan lain sebagainya. Tanda dan gejala asma merupakan tanda gejala yang umum dialami oleh penderita penyakit asma. Namun, tidak semua tanda gejala dirasakan oleh penderita penyakit asma karena terkadang penderita penyakit asma hanya merasakan satu atau dua tanda gejala saja.



tanda dan gejala asma
Alat Nebulizer ABN Ultrasonic untuk Pengobatan ASMA

Tanda dan Gejala Asma pada Penyakit Asma


Tanda dan gejala asma yang pertama adalah batuk. Batuk yang dialami penderita penyakit asma memiliki ciri batuk sering terjadi pada malam hari dan pada pagi hari. Adanya dugaan bahwa batuk ini dapat juga terjadi karena rangsangan udara dingin. Seperti yang kita ketahui, udara dingin terjadi pada malam hari dan pagi hari sehingga batuk yang dialami oleh penderita penyakit asma terjadi pada malam hari dan pagi hari.

Akibatnya, batuk yang terjadi pada malam hari dan pagi hari terkadang membuat penderita penyakit asma mengalami kesulitan tidur sehingga penderita penyakit asma kelelahan karena kurang istirahat.

Tanda lain penyakit asma ialah kesulitan bernapas. Selain batuk, penderita penyakit asma juga mengalami kesulitan dalam bernapas. Penderita penyakit asma cenderung bernapas dengan napas yang pendek atau megap-megap. Penyempitan pada saluran pernapasan membuat penderita penyakit asma harus ekstra keras memenuhi suplai oksigen ke seluruh tubuh dengan respons napas yang cepat. Terkadang napas cepat ini juga tidak dapat kembali normal sebelum mengonsumsi obat-obatan.

Selain sulit bernapas, tanda lain penyakit asma ialah sesak napas. Sesak napas sering digambarkan sebagai perasaan berat pada dada. Sesak napas terjadi juga akibat saluran pernapasan yang menyempit. Saluran pernapasan menyempit karena adanya reaksi alergi yang membuat saluran napas menjadi menyempit. Sesak napas harus diwaspadai karena sesak napas termasuk dalam gejala serangan asma. Oleh sebab itu, begitu sesak napas ini terjadi, sebaiknya penderita penyakit asma diberikan obat pereda asma untuk mengurangi sesak napas.

Gejala penyakit asma selanjutnya ialah bunyi mengi. Bunyi mengi merupakan suara yang diakibatkan saluran pernapasan yang menyempit. Orang normal pada umumnya tidak akan mengeluarkan bunyi saat bernapas karena udara dapat keluar masuk ke dalam saluran pernapasan dengan lancar. Sedangkan pada penderita penyakit asma mengeluarkan bunyi karena udara yang keluar dan masuk tidak lancar akibat saluran pernapasan yang sempit. Hal ini menjadi gejala serangan asma juga. Oleh sebab itu, bila penderita mengalami bunyi mengi, sebaiknya penderita penyakit asma segera diberikan obat pereda asma.

Serangan asma dapat terjadi juga karena dipicu paparan alergen atau aktivitas fisik. Oleh karena itu, penderita penyakit asma sebisa mungkin menjauh dari paparan alergen atau aktivitas fisik yang berat.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :